Aug 14, 2013

Keajaiban Syukur Untuk Ujian yang Bertubi-Tubi

Ass wrwb, Nama saya Dani Sumatra... Tolong berikan solusi, problem saya sudah 2 tahun ini usaha sampai sekarang bangkrut dan banyak hutang. 1 bulan lagi rumah saya mau disita bank kalau tidak bisa bayar tunggakannya. Berawal akibat saya ditipu pelanggan sebanyak 12 orang, yang 1 orang melarikan mobil tidak pulang-pulang, yang satu lagi melarikan sepeda motor tidak pulang-pulang, yang 10 orang hutang uang tidak bayar-bayar, semua pada kabur.

Itu saat saya usaha jual beli sepeda motor dan mobil......... Bagaimana agar bisa melunasi hutang yang menumpuk, tapi saya tidak punya uang lagi, aset sudah ludes. Bisa minta tolong dibantu Pak, sekalian pelanggan yang menipu saya dibuat agar datang mengembalikan kendaraan yang digondol dan membayar hutang-hutangnya... Pernah minta tolong sama ustadz, kyai dan paranormal yang hebat, ternyata saya kena obral janji semua. Alhasil saya malah kena tipu mereka, jadi bertambah banyak hutangnya. Dengan ini saya minta tolong respon bapak.... Wassalam. 0838193195xxx

Dan banyak pertanyaan dari pembaca yang lain lagi dimana pointnya adalah kesulitan ekonomi yang bertumpuk-tumpuk. Sudah jatuh tertimpa tangga. Sudah berusaha kesana kemari namun hasilnya justru masalah tambah banyak dan tambah menumpuk.

Apa amalan atau solusinya??

Saya teringat selepas idul fitri baru saja bertemu dengan seorang ulama dari pelosok gunung di daerah Jateng, namanya Kyai Muh. Dia datang ke rumah mertua saya yang sakit-sakitan dimana sakitnya komplikasi hipertensi, jantung dan paru-paru. Sudah berobat kesana-kemari namun tidak kunjung ada kesembuhan, justru penyakitnya tambah parah. Sudah puluhan juta dihabiskan untuk berobat, tetapi si penyakit tidak mau pergi. lalu apa nasehat Kyai Muh??

Kurang lebih begini tolong dicermati ya?

Inilah saatnya anda menerima dengan pasrah ujian tersebut bukan mengeluh dan menyalahkan sana sini. Menerima dengan syukur berbagai ujian yang bertubi-tubi tersebut. Susah khan?? Memang susah kok, makanya latihan memahami sebuah masalah dengan sudut pandang yang lain yakni bentuk kasih sayang Tuhan. Ketika kita banyak mengeluh justru maslah akan dirasakan semakin berat, ketika kita bersyukur paling tidak hati akan lebih tenang pada awalnya.


Ketika anda bertubi-tubi mencari solusi masalah, justru masalah tersebut datang semakin bertubi-tubi pula. Karena apa? Karena anda merasa mampu, merasa hebat dengan mengesampingkan pertolongan Tuhan. Makanya Tuhan kasih masalah semakin banyak supaya anda ingat bahwa manusia itu bukan apa-apa.  Supaya kita ingat bahwa Tuhan adalah segala-galanya.


Syukur itu menerima dengan ikhlas. Ia adalah sebuah perasaan yang tidak mungkin bisa dibohongi ketika mendapatkan masalah. Coba cek hati anda apakah anda sudah bersyukur dengan sebenarnya. Perlu dicamkan bahwa ujian berupa masalah dan kemiskinan adalah ujian, demikian juga kekayaan dan kemuliaan. Semua adalah ujian, jadi jangan menyangka ketika diberi ujian kemiskinan itu adalah azab, ketika diberikan kekayaan itu adalah rahmat. Semua adalah ujian. Yang lulus adalah dia yang mampu bersyukur apapun ujian itu.

Intinya terima dan syukuri masalah itu dengan sebuah keyakinan. Allah swt tahu hikmah masalah tersebut sedangkan kita sebagai ciptaan_Nya adalah kecil. Allah Maha Tahu sedangkan kita tidak tahu.

Justru ketika kita mampu menerima dengsn syukur maka percayalah solusi langsung dari Tuhan akan datang. Solusi yang datang dimana kita tidak pernah menyangka sebelumnya. Itulah keajaiban syukur.

Untuk belajar ilmu syukur disini

Apapun masalah anda berprasangkalah yang baik kepada Allah swt karena Dia sesuai dengan persangkaan hamba_Nya.

Untuk masalah anda, tidak perlu ngoyo dan mati-matian dalam mencari solusi. Sudahlah, kita itu kecil dan Allah Maha Besar. Tidak ada yang besar selain Dia, semua kecil, apalagi masalah anda. Terima saja masalah itu, setelah hati tenang setelah bersyukur baru langkah selanjutnya yakni mencari solusinya.

Jadi jawaban terhadap masalah anda cukup sederhana yakni terima itu dengan ikhlas dan penuh rasa syukur. Yakinlah ada hikmah dibalik masalah anda. Yakinlah Allah swt datang untuk mengajarkan sebuah hikmah yang kita belum mengetahuinya.

Solusi?? Ia akan datang setelah anda mampu bersyukur dengan benar..




Artikel Terkait



No comments:

Post a Comment