Jun 24, 2013

Bahaya Mengatakan Sesuatu Yang Tidak Dilakukan

Jaman sekarang orang bicara seperti sudah tidak mempunyai rem lagi. Apa saja dibicarakan baik yang diketahui atau tidak, baik atau tidak. "Asal mbacot" bahasa jaman sekarang. Begitulah ngomong nggak ada pajaknya, kata orang.

 

Jangan engkau katakan setiap apa yang engkau ketahui, tapi ketahuilah setiap apa yang engkau katakan.. Itulah sebuah nasehat yang kadang hanya dijadikan angin lalu. Bahasanya bagus tetapi prakteknya ternyata tidak segampang bahasanya.

Tentu saja kita tidak respek kepada orang yang hanya asal mbacot, atau no action talk only, hanya pandai bicara. Lebih dari itu Allah benci orang-orag yang mengatakan apa-apa yang tidak dilakukan...

Allah swt berfirman

“Dan janganlah kamu mengikuti sesuatu yang kamu tidak memiliki ilmunya sesungguhnya pendengaran, pengelihatan, dan hati seluruhnya itu akan ditanya tentangnya” [al Isra:36]

Wahai orang-orang yang beriman, kenapakah kamu mengatakan sesuatu yang tidak kamu kerjakan? Amat besar kebencian di sisi Allah bahwa kamu mengatakan apa-apa yang tidak kamu kerjakan. (QS. Al-Shaff: 2-3)


Yuk, latihan menahan diri dari mengatakan sesuatu yang tidak tidak ada faedahnya. Latihan mengatakan sesuatu apa adanya. Latihan menasehati orang lain dengan sebuah nasehat yang memang kita sudah melakukannya..


Artikel Terkait



No comments:

Post a Comment