Jun 16, 2013

Allah swt itu Wujud/ Ada

Pelajaran Tauhid memang perlu pemahaman yang mendalam. Hati-hati, karena menyangkut keimanan yang benar. Harus ada guru yang membimbing supaya tidak terpeleset oleh syetan.
Menghadiri pengajian Tauhid Ust. Dadung Hawari, inilah yang saya dapatkan semoga bermanfaat'

Allah swt itu ada, Dia Wujud. Lalu adanya dimana?? Apakah di Atas/ Arasy, apakah ada dimana-mana? Atau tidak dimana-mana?

Ada ayat yang mengatakan bahwa Allah swt bersemayam diatas langit atau di arasy. Apakah benar?? Ayatnya benar, tetapi artinya tidak benar. Tidak benar menurut otak kita yang terbatas. Kalau Dia Bersemayam artinya sama dengan mahluk, sedangkan Allah swt itu berbeda dengan mahluk. Lalu apa makna Bersemayam??.. Dalam kaidah bahasa arab Istawa itu mempunyai arti yang banyak. Coba googling atau tanya kepada ahli bahasa arab.. Bisa bersemayam, bisa menguasai atau bisa yang lainnya..

Yang pasti Allah swt Berbeda dengan mahluk, Dia tidak bersemayam juga tidak berada dimana-mana. Sebagaimana Ruh. Dia ada namun tidak akan pernah ada yang tahu persis keberadaanya dimana. Bukan dijantung, bukan di hati, bukan di otak. Ruh itu ada tidak ada yang menyangkalnya, tetapi keberadaanya tidak ada yang pernah tahu...

Bagaimana meyakini bahwa ruh itu ada??? Jelas dengan melihat kita bisa hidup, bergerak, makan minum, tumbuh dan lain-lain. Itulah indikasi dari keberadaan ruh.

Hal ini sama dengan pertanyaan, "Bagaimana meyakini bahwa Allah swt itu ada". Yakni dengan melihat manusia, hewan, tumbuhan dan ribuan mahluk ciptaan_Nya. Kemudian lihat bumi ini bergerak, juga planet-planet, galaksi dan alam semesta yang bergerak mengikuti irama yang stabil. Dikendalikan dari alam yang tidak terindra. Dikendalikan oleh Allah swt...

Kalau bukan Tuhan Allah swt siapa lagi yang mengendalikannya?? Dia ada/ Wujud, namun kita tidak akan pernah tahu dimana keberadaan_Nya. Mencari tahu keberadaan Ruh saja kita tidak akan pernah bisa, apalagi ingin tahu keberadaan Tuhan. Dia Maha Suci dan Maha Tinggi... Dia tidak bersemayam, Dia tidak berada dimana-mana, tidak disurga, karena dia Berbeda dengan mahluk yang membutuhkan tempat... Dia Ada/ Wujud, dan memperkenalkan eksistensinya melalui penciptaan alam semesta.




Artikel Terkait



No comments:

Post a Comment