May 10, 2013

Pengobatan Ala Rosulullah Muhammad saw..

Jika kita mengerti bahwa Nabi Muhammad saw adalah utusan Allah, sehingga apa yang beliau ucapkan bukan karena hawa nafsunya tetapi disebabkan wahyu dan bimbingan Allah swt, maka seharusnya kita jauuuh lebih yakin bahwa apa yang beliau sabdakan benar adanya, termasuk masalah kesehatan..

“Tidaklah Allah menurunkan suatu penyakit, melainkan Dia menurunkan obatnya.” (HR. Bukhari dan Muslim).
 
Rosulullah saw dalam beberapa sumber/hadist mengatakan tentang obat yang bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit. Juga mengatakan cara/ metode menyembuhkan penyakit. Nah berikut diantaranya macam-macam metode Pengobatan Ala Rosulullah Muhammad saw..

1. Habbatus Sauda’ atau Jinten Hitam atau Syuwainiz.
Imam Bukhari meriwayatkan dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, bahwa ia pernah mendengar Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda yang artinya:
“Sungguh dalam habbatus sauda’ itu terdapat penyembuh segala penyakit, kecuali as-sam.” Saya bertanya, “Apakah as-sam itu?” Beliau menjawab, “Kematian”.

2. Madu atau ‘Asl
“Dari perut lebah itu keluar cairan dengan berbagai warna, di dalamnya terdapat kesembuhan bagi manusia.” [QS.An-Nahl: 69]
 

3. Minyak Zaitun
“Konsumsilah minyak zaitun dan gunakan sebagai minyak rambut, karena minyak zaitun dibuat dari pohon yang penuh berkah.” (HR. At-Tirmidzi dan Ibnu Majah).

4. Bekam
 Rasulullah SAW bersabda : “Kesembuhan bisa ditempuh dengan tiga cara yaitu dengan meminum madu, berbekam (al-hijamah) dan kays (sundutan besi panas), dan aku melarang ummatku melakukan pengobatan dengan besi panas. (HR. Bukhori).

5. Ruqyah
“Dan Kami turunkan dari Al-Qur`an apa yang merupakan syifa` dan rahmat bagi orang-orang yang beriman.” (QS. Al-Isra`: 82)


Itulah 5 cara pengobatan ala Rosulullah yang saya ambil dari beberapa sumber. Jika kita mengaku ummatnya Nabi saw seyogyanya kita jauh lebih yakin dengan metode pengobatan seperti diatas.

Bagaimana caranya supaya penyakit kita bisa benar-benar sembuh??
  • Pertama yakin bahwa Allah Maha Penyembuh. Bangkitkan keyakinan itu dulu
  • Kedua yakin bahwa metode Rosulullah saw adalah yang terbaik.  Bangkitkan keyakinan ini juga
  • Ketiga lakukanlah pengobatan tersebut.
  • Ke empat tawakal

Yakin dulu kemudian lakukan pengobatan dan diakhiri dengan tawakal kepada Allah swt, Insya Allah penyakit anda akan sembuh jauh lebih cepat daripada yang anda bayangkan. Amin


 

Artikel Terkait



No comments:

Post a Comment