Apr 7, 2013

Mengenal Allah swt Melalui Akal

Bagaimana cara mengenal Allah swt, Tuhan Pencipta alam semesta? Nah barangkali artikel yang saya ambil dari Pak Agus Mustofa bisa sedikit memberikan pencerahan tentang bagaimana cara mengenal Allah swt melalui akal kecerdasan. 

Wahai ZAT yang selalu tersembunyi, mataku tak pernah bisa melihat-MU. Tapi, dengan apa lagi aku harus memandang-MU, karena mata inilah yang KAU anugerahkan kepadaku untuk memandang segala realitas yang menjadi tanda-tanda keberadaan-MU.

Telingaku tak pernah bisa menjangkau-MU. Tapi dengan apa lagi aku harus mendengarkan segala Kata-kata-MU, karena telinga inilah yang KAU karuniakan kepadaku untuk mendengar segala kenyataan yang menjadi tanda-tanda Eksistensi-MU.

Akal kecerdasanku tak pernah bisa mewadahi ZAT-Mu. Tapi dengan apa lagi aku harus memahami-MU, karena dengan akal inilah Engkau AJARI kami segala HIKMAH yang meneguhkan KEIMANAN kami. Bahwa tak ada yang bisa mengambil pelajaran dari ayat-ayat-MU - baik yang terang maupun tersembunyi - kecuali jika kami menggunakan segala potensi akal kecerdasan ini.

QS. Ali Imran (3): 7
''... dan TIDAK BISA mengambil PELAJARAN (dari ayat-ayat Allah) KECUALI orang-orang yang menggunakan AKAL-nya.''

QS. Yunus (10): 100
Dan TIDAK ADA seorang pun yang akan BERIMAN kecuali dengan izin Allah. Dan Allah 'MARAH' kepada orang-orang yang TIDAK mempergunakan AKAL (dalam mencapai keimanannya).


 Sumber http://www.facebook.com/diskusi.tasawuf.modern



Artikel Terkait



No comments:

Post a Comment