Mar 21, 2013

Hidup Itu Bukan Hanya Masalah Kaya Atau Miskin

Malam ini baru saja saya bertemu dengan seseorang yang cukup alim. Dia pernah menjabat beberapa organisasi baik yang religius maupun non religius.Saat ini beliau hidup sangat sederhana, bahkan mengatakan untuk makan besok saja tidak tahu apakah ada rezeki atau tidak..

Dahulunya ia seorang yang kaya raya. Hidup bergelimang harta dan dosa. Segala kemaksiatan pernah dicoba. Jutaan rupiah ia habiskan setiap hari untuk memenuhi hawa nafsunya. Sungguh dia telah berkubang dalam dosa dan dosa. Namun setelah berkeluarga memutuskan untuk menutup lembaran hitamnya dan memulai menebus dosa dengan ibadah..

Benarkah??
Tidak sepenuhnya benar menurut saya..
Bagaimana dengan keluarganya apakah akan ditelantarkan??. Bagaimana dengan tetangga dan ummat yang membutuhkan?? Apakah tidak lebih baik tetap memutusan kaya raya namun tetap beribadah dengan banyak berbagi?? Apakah itu tidak lebih baik dari pada hidup miskin dan menelantarkan keluarga? Ya sudahlah semua mempunyai prinsip masing-masing..

Yang pasti dari pengalaman hidupnya tersimpan hikmah yang bisa dipetik..
  • Bahwa roda selalu berputar kadang diatas kadang dibawah. Itu hukum yang sudah pasti adanya
  • Jika tidak dipersiapkan iman yang mantap maka harta bisa menjerumuskan. Harta itu ujian yang berat, namun jangan salah kemiskinan juga ujian yang berat. Makanya perkuat iman dan keyakinan agar tak goyah dengan segala dinamika hidup

Yang paling penting hikmah yang bisa saya ambil adalah, fadhilah bangun malam. Bangun dan tahajudlah karena didalamnya ada rahasia besar.. Kawan saya mengatakan, hidup saya miskin, untuk makan besok saja saya tidak tahu, tetapi kalau kita rutin tahajud akan terbuka hikmah, bahwa hidup itu bukan masalah makan atau tidak makan, kaya atau miskin, bahagia atau menderita. Akan sangat terasa bahwa hidup itu hanya perjalanan. Perjalanan menuju Tuhan...

Hati tenang menjalani hidup, bahagia terhadap suratan takdir.. Rezeki??? Akan sangat terasa bahwa ia diatur oleh Tuhan..



Artikel Terkait



No comments:

Post a Comment