Jan 24, 2013

Merasakan Kehadiran Tuhan

Tuhan hadir dimana-mana, mungkin anda apriori?? Tidak mengapa.. Kami tidak sedang membahas hakikat dan Dzat Tuhan. Tidak akan mungkin bisa. Mustahil... Pembahasan ini lebih kepada Tangan Allah ada dimana-mana, Ilmu_Nya hadir dimana-mana. Tidak besar atau kecil, gelap atau terang semua dalam penglihatan_Nya..

Lihatlah bumi ini di desain sedemikian rupa sehingga manusia bisa tinggal di dalamnya. Ia terlindungi oleh lapisan atmosfir, lihat segala sesuatu yang ada di bumi ini.. Lihatlah sekali lagi.. Ada keseimbangan yang sempurna sehingga memungkinkan adanya kehidupan.. Lalu siapa yang mendesign sedemikian rupa?? Siapa dibalik kesempurnaan alam semesta?? Bisa jawab??

Lihatlah Matahari yang begitu terang menerangi bumi.. Silau lah mata kita ketika memandangnya. Allah lah yang menciptakannya.. Jangankan semenit sedetik saja kita tak kuasa memandang matahari.. Lalu mengapa dengan kesombongan yang tiada terkira, ada orang yang mau beriman jika melihat Tuhan dengan mata kepala??

Allah swt berfirman,

"Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, silih bergantinya malam dan siang, bahtera yang berlayar di laut membawa apa yang berguna bagi manusia, apa yang Allah turunkan dari langit berupa air, lalu dengan air itu Dia hidupkan bumi sesudah matinya dan Dia sebarkan di bumi itu segala jenis hewan, dan perkisaran angin dan awan yang dikendalikan antara langit da bumi. Sungguh (terdapat) tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang berakal (memikirkan)".
(Q.S. Al Baqarah [2]: 164).

Dialah Azh Zahir Yang nampak jelas melalui ayat-ayat di alam raya. Dialah Al Bathin Yang tersembunyi secara hakikat, dzat dan sifat_Nya. Bukan karena tidak jelas, namun karena demikian jelasnya sehingga mata dan pikiran silau bahkan tumpul tak mampu memandang_Nya

Imam Al Ghazali mengatakan "Ketersembunyian_Nya disebabkan oleh kejelasan_Nya yang luar biasa, dan kejelasan_Nya yang luar biasa disebabkan oleh ketersembunyian_Nya. Cahaya_Nya adalah tirai cahaya_Nya, karena semua yang melampaui batas akan berakibat sesuatu yang bertentangan dengannya".

Untuk lebih lengkap dan komprehensif silahkan baca bukunya M. Quraish Shihab dengan judul "Dia Dimana Mana", "Tangan" Tuhan di Balik Setiap Fenomena


Artikel Terkait



No comments:

Post a Comment