Jan 11, 2013

Cara Mengelola Marah/ Emosi

Zul hari itu benar-benar marah.. Bagaimana tidak marah, ia hanya ingin mengatakan kebenaran kepada forum namun justru di marahi dan direndahkan.. Semakin ia mendebat semakin ia dimarahi dan direndahkan.. Ia dibilang sok super.. Ia dibilang menggurui.. Ia dibilang "Parah".. Zul diminta instrospeksi diri terhadap ucapannya. Padahal semua orang tahu apa yang Zul ucapkan adalah benar, namun ternyata Pak Lurah menganggapnya lain..

Zul naik pitam, namun apa daya ia hanya seorang koordinator Blok.. Bisa saja Pak Lurah memecatnya jika Zul balik memarahinya.. Maka Zul diam dalam emosinya..

Sesampai dirumah Zul masih memikirkan kejadian tersebut.. Rasa marahnya masih tersimpan dalam dada.. Saat shalat tiba Zul ambil air wudhu dan melakukan shalat ashar.. Sehabis shalat Zul berpikir lebih jernih..
"Mungkin memang salah saya, bukan kepada isi statement saya, namun lebih kepada siapa saya bicara. Saya harus menghormati orang yang lebih tua"
"Ternyata benar, saya memang yang salah" Bathin ZUl

Pembaca, marah dan emosi itu hal yang lumrah. Makanya untuk mendinginkan emosi anda coba ambil air wudhu dan shalat sunnah 2 rakaat. Dinginkan syetan yang ada dalam aliran darah anda dengan wudhu..

Orang yang mempunyai perasaan pasti ada saatnya marah ketika mengalami kejadian yang tidak mengenakkan. Sabar bukanlah tidak pernah marah. Sabar itu bisa mengendalikan amarah... Sabar itu adalah penolong anda ketika marah.

Itulah manusia. Sudah kodratnya seperti itu. Ada kejadian ada respon..
Pahamilah bahwa mengumbar emosi/ marah tidak akan menyelesaikan masalah. Justru ia akan menambah masalah.. Diam itu tidak berarti kalah. Diam itu emas, tetapi bicara yang baik itu berlian. Jika anda mampu balaslah kemarahan orang lain dengan hikmat dan kebijaksanaan..

Diam dan tarik nafas dalam dalam lalu netralkan hati anda yang panas dengan menyebut nama Allah swt. Dia Yang Maha Sabar... Jika kita sabar maka sesungguhnya kita bersama Yang Maha Sabar..

Allah swt. berfirman:“Bersabarlah, dan tiadalah kesabaranmu itu melainkan dengan pertolongan Allah.”(Q.s.AnNahl:127).

.......dan Allah mencintai orang-orang yang bersabar” (QS. Ali Imran :146)

........Niscaya kami memberi ganjaran bagi orang-orang yang bersabar lebih baik dari apa yang mereka lakukan” (QS. An-Nahal:96)

Sesungguhnya kami akan penuhi ganjaran tanpa batas bagi orang yang bersabar” (QS. Az-Zumar:10)

Dan bersabarlah kalian, sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang sabar “ (QS. Al-Anfal:460)



Artikel Terkait



No comments:

Post a Comment