TEMPLATE ERROR: Invalid data reference label.name: No dictionary named: 'label' in: ['blog', 'skin', 'view'] Tips Berlatih Percaya Diri | Adhin Busro (dot) Com

Berbisnis Bersama Adhin Busro

Dec 14, 2012

Tips Berlatih Percaya Diri

Pak Adhin, aku khan seorang mahasiswi semester 3, aku ngrasa aku orangnya gak aktif, trus gak bisa deket dengan dosen2 aku dan tak bisa bergaul dengan teman-teman. Apakah ada amalan khusus supaya aku bisa menjadi mahasiswi yang aktif dan disenangi banyak teman dalam pergaulan?? 08773896xxx

Jawab: Saya dan pembaca mendoakan semoga anda menjadi mahasiswi yang aktif bergaul dan berorganisasi dalam kebaikan. Amin

Anda mengatakan "aku ngrasa aku orangnya gak aktif" hmmm, bahasa anak muda. Sumpe lu?? Kalau sampe lo kagak aktif maka lo gua end.. jawabannya gampang, mulai sekarang aktiflah, baik itu dalam pergaulan dll. Ikutilah organisasi/ forum-forum di fakultas atau universitas anda... Gampang khan

Apakah ada amalan khusus?? Apa ya?? Kasih tahu gak ya?? Gak tahu saya... Gak ada amalan-amalan yang macem-macem. Semua amalan yang saya anjurkan hanyalah sarana/media untuk menghidupkan hati dan pikiran kita. Bukan amalan yang mempunyai kekuatan, namun hati yang hidup itulah menjadi sarana bagi terkabulnya hajat anda dalam lingkup Ilmu Allah swt..Maksud saya janganlah melihat keluar tetapi lihatlah ke dalam. Semua berawal dari niat diri kita untuk berubah. Mau berubah apa tidak???

Begini...
Tiap orang kharakternya masing-masing. Saya 4 bersaudara juga mempunyai watak dan tabiat yang berbeda-beda. Kakak saya tegas cenderung otoriter, saya sendiri katanya tidak tegas namun luwes, adik saya pendiam tapi royal, sementara yang bontot pinter namun agak loading. Maksudnya semua orang mempunyai kelemahan dan kelebihannya masing-masing, maka yang paling bagus adalah kenali kelebihan anda kemudian belajarlah lagi supaya kelebihan anda menjadi yang nomor 1 di lingkungan anda. Misalnya, kelebihan anda menyanyi, maka gabunglah dengan komunitas menyanyi sehingga nyambung kalau ngobrol...

Percayalah anda unik, anda berbeda dengan yang lainnya. Carilah perbedaan itu dan buat kelebihan menjadi kekuatan utama..

Sepertinya anda mengalami masalah percaya diri. Saya punya cerita singkat, cerita ini adalah fakta (Ditambahin dikit.. Hehehe)
Zul berumur 17 tahun. Dia adalah seorang pendiam. Dia takut bergaul dengan orang lain. Entah kenapa, namun sepertinya karena fisik Zul yang kurang baik. Tubuh kecil, hitam dan wajahnya penuh dengan jerawat. Kalau ganteng gak papa, ini udah item jelek lagi. Wah bener-bener ini membuat Zul mengalami krisis percaya diri yang parah bin akut.. Jangankan sama lawan jenis, sesama laki-laki saja Zul suka grogi kalau ngomong. Jangankan ngomong di depan forum, ngobrol berdua saja sering salah-salah ucap.. Kacau

Zul sedih, kadang dia berkhayal
"Ya Tuhan, seandainya saya tinggi dan ganteng hamba yakin bisa PD kalau ngomong"
Ah, ini mah penyakit manusia, sukanya memakai syarat. Sama seperti kata sahabat saya "Kalau saya kaya maka saya akan sedekah". Kayak pernah kaya aja.

Seiring berlalu pemikiran Zul mulai berubah. Kalau doa mah kagak pake syarat. Makanya doa Zul dirubah. "Ya Allah, sejelek apapun kami ajarkan supaya kami selalu bersyukur".. Berdoa tidak usaha pakai syarat, doa ya doa saja. Sejak saat itu Zul bertekad untuk berubah. Seringkali ia salah ngomong yang membuat ia ditertawai temannya. Seringkali juga ia grogi ketika bicara. Bodo amat... "Ini semua adalah proses, maju terus" Batin Zul. Seiring waktu berjalan terjadilah perubahan demi perubahan dalam kegiatan sosialisasi Zul. Saat ini ia menjabat ketua beberapa organisasi... Di dalam pekerjaannyapun ia menjabat sebagai atasan yang membawahi 9 orang anak buah..Ia disukai karena ketulusannya dalam membantu sesama..

Inilah salah satu doa Zul. Ia adalah doa Nabi Musa ketika menghadapi Firaun dan kaumnya yang keras kepala.

.........‘Robbis rohlii shodrii, wa yassirlii amrii, wahlul 'uqdatam mil lisaani yafqohu qoulii’ 

Ya Rabbku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku” (QS. Thoha: 25-28)

Sebelum memulai bicara atau pidato Zul sering mengucapkan doa tersebut. Ia baca kemudian resapi maknanya supaya timbul rasa percaya dirinya. Ia yakin jika pembicaraanya adalah kebaikan maka Allah akan memperlancar kata-kata yang keluar dari mulutnya. Dan nyatanya memang begitu kok...

Sahabat... Jika anda mempunyai masalah kepercayaan diri karena alasan fisik, skill atau apapun maka cobalah fahami sbb
  • Tidak ada manusia yang sempurna (kalau jiwa terus mengalami penyempurnaan), baik fisik, skill, kecerdasan dll. Yang Maha Sempurna hanyalah Allah swt. Maka berdoalah seperti diatas yang anda panjatkan kepada Yang Maha Sempurna.. Supaya anda teresonansi oleh sifat-sifat kesempurnaan..
  • Tidak ada seorangpun yang perlu ditakuti. Semua hamba Allah. Mereka makan nasi sama seperti kita. Yang pantas ditakuti hanyalah Allah swt... Lagian ngapain takut selama kita tidak berbuat salah??? Rawe-rawe rantas, malang suroboyo....hehehe
  • Jika anda ingin diterima dalam pergaulan maka berlatihlah lebih aktif. Jika ditertawakan atau dicemooh karena salah bicara abaikan saja.. Khan sedang berlatih... Lebih baik mencoba namun gagal dari pada gagal mencoba...Bagaimana kita tahu akan berhasil jika takut mencoba??
  • Awali dengan tersenyum kepada setiap orang dan ucapkan salam. Ntar anda akan terkejut karena bergaul dan berbicara itu mudah banget, apalagi dimulai dengan senyum...
  • Utamakan ketulusan dalam bergaul, jangan dibuat-buat. Sigap membantu sesama. Orang lain akan sangat menghargai ketulusan anda, Percayalah.... bukan kecantikan atau kelebihan fisik, juga bukan dandanan menor dan parfum perancis..Gubrak...
  • Yakinilah anda unik dan berbeda. Anda mempunyai keunikan dimana orang lain tidak punya. Cari keunikan anda kemudian perkuat image tersebut.. Ingat kata-kata saya ya?? Anda itu unik, anda luar biasa....
  • Banyak belajar, banyak baca buku, majalah dll, jangan hanya sinetron yang terus dipantengin... Baca buku bermanfaat untuk menambah khasanah keilmuan kita....
  • Sudahlah jangan protes lagi, lakukan saja... Cari komunitas untuk anda berlatih berbicara sehingga luwes dalam pergaulan. Setelah luwes organisasi apapun bisa anda ikuti dengan sukses.. Untuk luwes butuh proses. Lain cerita jika ada orang yang luwes karena memang bakat bawaan dari lahir..

Saya yakin anda dan pembaca lainnya yang mempunyai masalah yang sama pasti bisa. Anda pasti bisa... Mulailah dengan doa diatas. Apa sih, yang tidak bisa jikalau Allah sudah Berkehendak. Insya Allah semua lancar. Percayalah...I Know You Can....



Artikel Terkait



No comments:

Post a Comment

Ngeri.. Menyadarkan..!