Nov 9, 2012

Hari Pahlawan, Memperingati Spirit Pejuang Ikhlas

Apa makna ikhlas?? Artikel berikut merupakan respon mendadak, karena habis membaca majalah detik. Karena respon mendadak maka artikelnya tidak usah panjang lebar. Pahlawan/pejuang ikhlas seperti apakah??

"Pahlawan itu orang yang rela berkorban tanpa pamrih untuk kotanya, masyarakat, bangsanya, dan negaranya," kata Jokowi di TMP Kalibata, Jakarta, Sabtu (10/11/2012).

Hari pahlawan juga lanjut Jokowi, harus bisa mengingatkan semua orang bahwa nilai yang luhur yang mesti dipetik. "Ada orang yang rela berkorban tanpa pamrih untuk kepentingan masyarakat dan negaranya. Itu saja," tuturnya.

Itulah makna ikhlas. Ia rela berkorban tanpa pamrih kepada manusia. Jika anda mencintai seseorang artinya anda rela berkorban untuk orang tersebut. Cinta bukan nafsu, bukan ingin memiliki dan bukan ingin diperhatikan. Cinta adalah pengorbanan.

Rasa cinta kepada bangsa dan negara dibuktikan dengan tingkat pengorbanannya. Bukan pengorbanan kepada partai, institusi apalagi pribadi. Tetapi pengorbanan untuk kebaikan rakyat, bangsa dan negara..

Ikhlas dalam berkorban kepada masyarakat, bangsa dan negara kemudian pamrih kepada Tuhan atas persembahan tulus yang telah diberikan dengan harapan Rahmat dan Kasih Sayang_Nya turun kepada sang pejuang ikhlas.. Dan ketika rasa ikhlas itu sudah mengalir di dalam urat nadinya maka pastilah pertolongan Tuhan segera datang. Bala tentara dari langit akan turun membantu sekuat tenaga kepada para pejuang ikhlas, sebagai hadiah atas keikhlasannya menjadi khalifah dimuka bumi ini. Menjadi khalifah yang memberikan cahaya yang berguna dan bermakna bagi sesama dan seluruh mahluk ciptaan_Nya. Mengaplikasikan kharakter-kharakter positif yang menggambarkan asmaul husna sebagai Nama Suci nan Agung milik Tuhan Sang Pencipta Seluruh Alam dan Jagad Raya. Menjadi Rahmatan lil 'aalamiin

“Berdoalah kepada Allah dengan mengikhlaskan agama/amal untuk-Nya, meskipun orang-orang kafir tidak menyukai.” (QS. Ghafir: 14)

“Dialah Yang Maha Hidup, tiada sesembahan -yang benar- selain Dia, maka sembahlah Dia dengan mengikhlaskan agama bagi-Nya.” (QS. Ghafir: 65)


Itu adalah inti dari makna ikhlas yang sebenarnya menurut saya....


Artikel Terkait



No comments:

Post a Comment