Oct 8, 2012

Kunci Sukses adalah Menerima dan Tawakal

Anda sudah mempunyai impian atau cita-cita?? Kalau belum segera buatlah tujuan dalam hidup anda. Setelah anda mempunyai impian kemudian lakukan usaha untuk membuat impian menjadi nyata. Selangkah demi selangkah harus anda tempuh sampai akhir tujuan anda. Fokuslah kepada hasil akhir dan menerima dalam pikiran anda bahwa Allah swt akan mengabulkan doa anda.. Apapun yang terjadi dalam proses terima itu sebagai bagian dari hal-hal yang memang harus terjadi, namun jangan padamkan impian anda yang divisualisaikan realitanya dalam alam pikiran anda. Kemudian yakin dan percaya bahwa Allah swt akan menampakkan kejadian demi kejadian, penciptaan demi penciptaan yang memang harus anda jalani sebagai bagian terkabulnya doa anda.


Anda gagal, bangkrut, atau dipecat maka tetaplah yakin itu hanya proses. Menyandarkan diri sepenuhnya kepada cara-cara Allah swt, yang kadang-kadang manusia tidak mengerti.

Jika anda sudah memasrahkan semua ikhtiar kepada_Nya maka yakinlah bahwa Allah swt akan membuat impian anda menjadi nyata. Jalan dan cara untuk sukses bahkan tidak pernah anda duga sebelumnya.

“Dan Dia memberi rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya. Dan barang siapa bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan-Nya. Sungguh Allah telah mengadakan ketentuan bagi sesuatu.” (QS Thalaq: 3)

“Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakallah kepada Allah.” (Ali Imran: 159)

“Dan hanyalah kepada Allah orang-orang yang beriman harus bertawakal.” (QS At Taubah: 51)

Hadis

Dari umar bin khathab, rasulullah bersabda, “Andaikan kalian tawakal kepada Allah dengan sebenarnya niscaya Allah akan memberi rizki kepada kalian seperti memberi rizki kepada burung. Mereka pergi pagi dengan perut kosong dan pulang sore dengan perut kenyang”. (Shahih, Tirmidzi 2344 dan berkata,hadist hasan shahih, Ibnu Majah 4164, Ahmad, dishahihkan al Akbani)

Dari Anas bin Malik sesungguhnya Rasulullah SAW. bersabda: Jika seseorang hendak keluar dari rumahnya kemudian membaca, “Dengan nama Allah, aku bertawakal kepada Allah, tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan kekuasaan Allah”; maka akan dikatakan kepadanya, “Cukup bagimu, sungguh engkau telah diberi kecukupan, engkau pasti akan diberi petunjuk dan engkau pasti dipelihara.” Kemudian ada dua syaitan yang bertemu dan salah satunya berkata kepada yang lain, “Bagaimana engkau dapat menggoda seorang yang telah diberi kecukupan, dipelihara, dan diberi petunjuk.” (HR. Ibnu Hibban dalam kitab Shahih-nya. Ia berkata dalam al-Mukhtarah, “Hadis ini telah dikeluarkan oleh Abu Dawud dan an-Nasai, Isnadnya shahih”)

Dari Ummi Salmah ra., sesungguhnya Nabi SAW. ketika akan keluar dari rumah, Baginda suka membaca: Dengan menyebut nama Allah, aku bertawakal kepada Allah… (HR. at-Tirmidzi, ia berkata, “Hadis ini hasan shahih.” an-Nawawi dalam Riyadhus ash-ShalihĂ®n berkomentar, “Hadis ini shahih”).

Dari Abu Bakar ra., ia berkata; ketika kami berdua sedang ada di gua Tsur, aku melihat kaki-kaki kaum Musyrik, dan mereka ada di atas kami. Aku berkata, “Wahai Rasulullah, jika salah seorang dari mereka melihat ke bawah kakinya, maka pasti ia akan melihat kita.” Kemudian Rasulullah bersabda: Wahai Abu Bakar, apa dugaanmu terhadap dua orang manusia, sementara Allah adalah yang ketiganya (untuk melindunginya). (Mutafaq ‘alaih)

Referensi: http://cybermujahidah.wordpress.com


Artikel Terkait



No comments:

Post a Comment