Oct 9, 2012

Jika ada Tuhan, Kenapa Harus Takut?

Seperti biasa untuk memulai minggu ini kami ingin sharing Etos Kerja tentang Prayer atau berdoa, agar kita semua dapat benar-benar mengetahui, mengerti dan menjalankan etos kerja perusahaan kita didalam pekerjaan maupun didalam kehidupan kita sehari-hari.

If God exist, why worry?
Kalimat di atas merupakan status bbm teman saya yang membuat saya menjadi berpikir tentang kehidupan. Manusia sering membuat rencana dalam kehidupan kita. Mulai dari membuat rencana jangka pendek sampai membuat rencana jangka panjang. Kita sebagai manusia juga sering membuat suatu perencanaan dalam hidup kita. Biasanya perencanaan yang di buat seperti rencana lulus, rencana kerja, rencana menikah, bahkan rencana liburan. Dalam membuat perencanaan, pasti kita juga membuat target-target yang ingin kita capai dan step-step yang akan kita lakukan untuk mencapai target tersebut. Contoh misalnya, ingin pekrjaan kita selesai tepat pada waktunya. Bagaimana caranya untuk mencapai target tersebut?  Misalnya dengan mencicil pekerjaan tersebut agar pada saat yang ditetapkan dapat selesai. Bagaimana jika step-step yang sudah kita rencanakan tidak berjalan dengan yang kita mau? Pastinya kita harus intropeksi diri dan mengevaluasi apa yang menyebabkan rencana tersebut tidak berjalan dengan lancar. Oke, sampai tahap ini, berarti masih ada harapan untuk mencapai target tersebut.
Sekarang, teman-teman pernah tidak merasa semua rencana teman-teman gagal dan tidak ada yang tercapai?

Mungkin kalau gagal hanya sekali tidak masalah, namun bagaimana jika teman-teman mengalami kegagalan berkali-kali? Sudah merasa melakukan semaksimal mungkin dan mencoba berbagai kesempatan yang ada namun tidak ada yang berhasil? Apa yang akan teman-teman lakukan?

Apakah teman-teman merasa kecewa?
Apakah teman-teman merasa marah?
Apakah teman-teman akan stop berusaha?

Terkadang manusia sering memaksakan kehendaknya sendiri. Berdoa dengan memaksa Tuhan untuk mengabulkan permintaan kita. Tapi tahukan teman-teman kalau Tuhan memiliki rencana yang terbaik untuk kita?

Hal yang sangat manusiawi sekali jika setelah manusia melakukan perencanaan, manusia menjadi berharap dan merasa kecewa ketika tidak berhasil mewujudkan rencananya. Namun sangat di sayangkan jika manusia lebih memilih untuk putus asa, berhenti berharap, dan tidak bersyukur atas apa yang sudah dimilikinya.

Apakah teman-teman pernah mendengar istilah Ora et Labora ? Ora et Labora artinya adalah berdoa dan bekerja. Artinya adalah manusia harus terus berusaha namun tidak boleh melupakan Tuhan. Sambil berusaha, kita harus tetap pasrah pada Tuhan YME.
Menurut saya, inilah yang harus teman-teman terapkan di dalam kehidupan kita terutama ketika kita sedang gagal. Tidak salah jika manusia berencana dalam hidupnya, berusaha dan bekerja keras untuk merealisasikan rencana dalam hidupnya, tapi akan jauh lebih baik jika teman-teman tidak melupakanTuhan dan terus pasrah pada-Nya.  Percayalah bahwa rencana Tuhan jauh lebih indah dari rencana manusia sambil mengucap syukur atas apa yang sudah teman-teman punya di kehidupan teman-teman sekarang.

Seperti status di bbm teman saya, If God exist why worry?

Jadi, kenapa kita harus khawatir? Kenapa kita harus putus asa jika mengalami  kegagalan terus? Waktu kita bukan waktu Tuhan jadi kita harus sabar untuk menunggu semua jerih payah kita akan berbuah nantinya.
Sumber : Tiarni Putri Fau

Dari Email HRD Training perusahaan Distribusi

Artikel Terkait



1 comment:

  1. IF god exist, why worry ?
    and
    WHAT IF, god doesn't exist?
    (JIKA, adalah kata pengandaian,
    kalimat dengan JIKA bisa berarti SEANDAINYA blabla
    jadi JIKA tuhan ada, kenapa susah?
    jadi hanya JIKA ?
    JIKA SAJA TUHAN ADA (??)
    omigod

    *istighfar*

    ReplyDelete