Jul 9, 2012

Ilmu hikmah

Ilmu hikmah adalah ilmu yang di berikan Allah swt kepada siapa saja yang dikehendaki_Nya. 



Allah menganugerahkan al hikmah (kefahaman yang dalam tentang Al-Qur'an dan As Sunnah) kepada siapa yang dikehendaki-Nya. Dan barangsiapa yang dianugerahi hikmah, ia benar-benar telah dianugerahi karunia yang banyak. Dan hanya orang-orang yang berakallah yang dapat mengambil pelajaran (dari firman Allah). (QS Al Baqarah 269)

Hikmah apa itu? Ya bisa apa saja. Seperti bisa membedakan mana yang baik dan mana yang buruk. Mempunyai kepahaman yang dalam bahwa dia merasa dilihat oleh Allah, sehingga sangat berhati-hati dalam menjalankan aktifitasnya. Ihsan artinya merasa bahwa kita melihat Allah, dan kalau tidak bisa maka ketahuilah bahwa Allah Melihat kita.

Ihsan juga berarti "Menegakkan sesuatu dengan kualitas terbaik". Manusia adalah mahluk ciptaan Allah yang terindah, yang diberikan segala potensi baik fisik, emosional dan spiritual agar manusia mampu melakukan hal-hal terindah dan terbaik. Setiap manusia berbekal hal diatas wajib menjadi yang terbaik dibidangnya dengan semangat can do spirit. Kalau saja semua muslim memahami konsep ihsan maka dunia akan bertabur prestasi besar sebagai wujud pengabdian cinta kepada Dia Yang Maha Agung.

Jika manusia berbuat sesuatu yang indah sesuai dengan fitrah ke Tuhanan nya itu semua sejatinya untuk manusia sendiri bukan untuk kepentingan Allah.


Jika kamu berbuat baik (berarti) kamu berbuat baik bagi dirimu sendiri dan jika kamu berbuat jahat, maka (kejahatan) itu bagi dirimu sendiri, .............................................. (QS Al Isra' 7)

So, yuk buktikan bahwa kita adalah hamba Allah yang terbaik. Membuktikan dengan cara menjadi yang terbaik dalam bidang masing-masing dengan niat ibadah. Ingat, Allah Melihat semangat anda dan Mencatat amal ibadah anda. Insya Allah jalan yang terbaik akan ditunjukan_Nya kepada kita, untuk kedamaian kita untuk kebahagiaan kita. Karena memang Allah sangat Penyayang diantara Penyayang.

Artikel Terkait



No comments:

Post a Comment