Jun 23, 2012

Kontroversi ikhlas dan tidak ikhlas dalam beribadah (Bag 1)

Kontroversi ikhlas dan tidak ikhlas dalam beribadah (Bag 1). Kali ini saya ingin membahas ikhlas dan tidak ikhlas dalam beribadah dan tentunya berdoa. Ibadah khan doa juga?.

Pembahasan kali ini lugas saja supaya kita lebih bisa menangkap maksudnya. Artikel ini saya buat karena masih saja banyak yang tidak faham dan mengerti ikhlas yang sesungguhnya sehingga menunda ibadah atau mengurangi ibadah dan doa. Juga saya dapat pertanyaan baik SMS atau email tentang ikhlas dan tidak ikhlas



Orang yang menunda ibadah, mengurangi ibadah bahasa saya adalah Kaum minimalis. hehehe. Yang sesungguhnya adalah???? 

Ikhlas itu urusan Allah. Yang nyatat amal dan keikhlasan adalam malaikat Allah. Wallaahu A'lam hanya Allah Yang Tahu. Kita bukan malaikat jadi jangan mencatat amal orang lain iklas atau tidak. Bukan tugas kita. Ada yang nyeletuk " Bang, saya mau bantu malaikat nyatat amal orang". Lain lagi nyeletuk,"Mati dulu baru bisa ketemu malaikat". Yang pertama jawab, "Grrrrrrrrr"

Sebelumnya simak Firman Allah dalam QS Al Mu'min 60

Berdoalah kepada-KU niscaya akan aku kabulkan. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari beribadah kepada-Ku mereka akan masuk neraka jahanam dengan penuh kehinaan “ (Q.S. Al-Mu`min:60)

Pointnya adalah beribadah dan berdoalah kepada Allah. Apa urgensi dari Ibadah dan doa? intinya meminta kepada Allah. Apa yang diminta? Ya surga, ya ampunan, ya jodoh, ya rezeki, ya ya ya..... ya lainnya. Banyak karena memang manusia banyak butuhnya.

Jangan karena urusan ikhlas dan tidak ikhlas jadi tidak berdoa meminta jodoh, tidak berdoa meminta panjang umur, tidak meminta rezeki melimpah, tidak meminta surga dll dll.

Karena urusan ikhlas dan tidak ikhlas jadi tidak berdoa meminta jodoh, jadi bujang atau perawan tua mau?? hehe. intermeso...

Atau bahasa saya biarpun masuk neraka tidak apa-apa, yang penting ikhlas karena Allah. Saya tidak pernah mendengar ada ulama yang memberikan statement seperti itu.

Contoh kasus

Milyader Bill Gates dan Warren Buffet yang tidak mengenal balasan sedekah, faktanya adalah mereka yang paling dermawan. Sedekah mereka tidak ikhlas namun berharap balasan berlipat ganda. Nyatanya mereka justru mendapatkan balasan sedekah berlipat ganda.

Kekayaan mereka terus bertambah berlipat-lipat walaupun hartanya di sedekahkan sebanyak apapun. Jadi sedekah adalah hukum yang pasti, baik muslim maupun non muslim

Kedua, ibadah pamrih? Boleh-boleh saja, karena memang watak manusia adalah pamrih. Yang tidak boleh adalah pamrih kepada selain Allah. Apakah dhuha dan tahajud kita kerjakan karena pamrih itu salah? Bukankah petunjuk itu ada dalam Al Qur'an.

Bagi yang ingin kedudukan tinggi dan terpuji maka tahajudlah. Itu adalah petunjuk dalam Al Qur'an. Jika ingin kaya sedekahlah, itu juga petunjuk Allah dalam Al qur'an (Al Baqarah 261). Lha untuk apa Allah memberikan petunjuk seperti itu kalau bukan untuk solusi pamrihnya manusia ciptaan_Nya?.

Karena takut tidak Ikhlas dan takut pamrih maka saya tidak akan sedekah, tidak akan tahajud dan dhuha. Takut pamrih. Biar sedikit asal ikhlas padahal aslinya memang pelit (hehe red)

Fakta yang anak kecil juga tahu. Gak percaya tanya anak kecil di sekitar anda
  • Shalat sunnah lebih baik 2 rakaat atau 4 rakaat?
  • Puasa sunnah lebih baik 1 atau 2 hari?
  • Kurban 1 ekor kambing apa 1 ekor sapi?
  • Sedekah 1000 apa 1.000.000?

Saya akan menunggu ikhlas dulu baru Ibadah, atau menunggu ikhlas dulu baru membantu tetangga yang sekarat gara-gara belum makan 3 hari.... Hmmmm bagi saya itu adalah alasan bahwa dia tidak mau beribadah dan meminta kepada Allah. Lihat Firman Allah diatas, Dia murka kepada mereka yang tidak mau meminta kepada _Nya.

Lagian kalau kita tidak beribadah, berdoa dan meminta kepada_Nya lantas kita mau meminta kepada siapa? Dukun? Kata Mas Ippho Santosa saudara saya hanya ada dua orang dukun yang boleh didatangi yaitu Dukun beranak dan Deddy Dukun. Hmmm

Tentang shalat dan sedekah ada fakta yang menggelitik
  • Sedikit yang penting ikhlas. Faktanya lebih banyak lebih baik lebih bermanfaat buat sesama. Coba cari dalil sedekah sedikit yang penting ikhlas. Ndak ada tuh. Sebenarnya kikir kalee
  • Sedekah banyak nanti di bilang riya'.  Sholat duha cukup 2 rakaat, soalnya kalau banyak takut hatinya riya'. Jangan berbuat baik di depan banyak orang, riya' loh. Sekali lagi anjurannya lebih banyak lebih baik. Dan yang paling baik bersegera lebih banyak. Tidak menunda-nunda
  • Senyum juga sedekah. Betul, tapi keburu tetangga elo mati kelaparan. Masak tetangga anda yang tiga hari belum makan cuman dikasih senyum?
  • Sedekah sama siapa? Sekarang banyak pengemis yang nyamar. Peminta-minta itu pemalas. Sedekah kepada institusi ntar uangnya malah disalah gunakan. Lah, capek deh banyak alasan bener. Yang dinilai adalah niat kita, bukan penerima sedekah kita
Yuk belajar ikhlas by doing. Tidak nunggu ikhlas dulu baru doing. Waktu kecil kita di suruh orang tua ibadah sholat umpamanya, apakah anda ikhlas? Kemungkinan besar anda melakukannya karena mengharap hadiah atau takut dimarahi orang tua anda.

Bukankah walaupun tidak ikhlas ketika anda melakukan perintah orang tua anda, anda tetap dapat hadiah? Ya to? Setelah dewasa baru kita shalat bukan karena disuruh orang tua tetapi karena kesadaran, bahwa shalat itu kewajiban.

Lucunya adalah kebanyakan saya mendengar beribadah atau bersedekah banyak takut tidak ikhlas dan riya', nyatanya mereka memang pelit. Hmmm.

Atau anda sudah bersedekah dan beribadah banyak dan anda memang pamer, namun bagi sebagian orang yang bersedekah banyak dan terang-terangan karena ingin menyemangati orang lain. Jadi jangan samakan sifat anda dengan sifat seseorang. Lebih mulia kalau kita berbaik sangka.

Ibadah terang-terangan boleh-boleh saja, sebagai syiar agama. Ibadah diam-diam dan sedekah diam-diam juga baik. Celakanya kalau diam-diam tidak ibadah, diam-diam tidak bersedekah. Runyam. Hee

Ibadah kok mengharap rezeki. Mana boleh? Ibadah itu ikhlas karena Allah semata. Betul. Nenek jenggotan juga tahu. Bocah meriang juga tahu.

Atau katakanlah saya mengikuti kata anda. Lha jika saya ada masalah, masak saya akan bengong bengong saja menunggu solusi jatuh dari langit? Apa saya dilarang sholat hajat atau sholat dhuha untuk mengatasi masalah saya? Apa solusi anda?

Ibadah ikhlas semua orang juga tahu. Ibadah hanya kepada Allah, menyampaikan hajat hanya kepada_Nya. Ada ibadah yang keutamaanya untuk urusan dunia ada ibadah yang keutamaanya untuk akherat. Kalau tidak berharap kepada Allah, kita berharap kepada siapa lagi?

Terakhir jawab dengan jujur, ini bener apa bener
  • Bingung? Istikharah
  • Perlu Hujan? Shalat isttisqa'
  • Punya Impian? Sholat hajat, dan tahajud
  • Mau rezeki bertambah? Dhuha
  • Mau Minta ampun? Sholat taubat
  • Melipat gandakan rezeki? Sedekah

Juga jawab

Ingin masuk surga? Shalat wajib jangan sampai lewat, puasa ramadhan jangan lewat, zakat jangan lewat, haji kalau mampu dll

So, perhatikan ini dan tanyakan kepada hatimu

Sebaik-baik meminta adalah mengikuti cara yang diajarkan Yang Maha Kuasa, Allah swt yang di contohkan Nabi saw, tidak ada cara yang lebih baik lagi. Tidak ada....

Wallahu A'lam


 

Artikel Terkait



7 comments:

  1. Betul betul betul. Tidak ikhlas? Boleh boleh boleh. Yang penting segera lakukan ibadah dan perbanyak jumlah ibadah. Hanya orang minimalis yang bermental minimalis. Tks pak, very inspired

    ReplyDelete
  2. Satu lagi pak dukunnya
    Dukun saya, coblos nomer 3. hehehe

    ReplyDelete
  3. Mantap postingannya. Boleh copas??
    Lucu, menggelitik dan menyentil

    ReplyDelete
  4. Dpt ilmu baru mas adhin.....Duh bertambah lah wawasan saya... ternyata sy ini nol "puthul"

    ReplyDelete