Jun 11, 2012

Kisah nyata, Amalan menghapus hutang

Hutang itu dibawa mati. Itulah yang akhir-akhir ini saya selalu pikirkan. Jangan-jangan saya mati sebelum hutang-hutang saya terbayar. Kemudian saya pikir-pikir lagi apakah saya masih mempunyai hutang?, ternyata saya ingat bahwa sekitar tahun 2007 saya memakai kartu HP Pasca Bayar dan pada bulan terakhir saya tutup sementara tagihan bulan terakhir yakni sekitar 700.000 belum saya bayar.

Hari itu saya berniat untuk membayarnya, walaupun agak kawatir jangan-jangan malah di laporkan kepada yang berwajib. Namun hati saya kukuh bahwa dari pada diminta tanggung jawab di akherat lebih baik saya bayar sekarang apapun yang terjadi.

Saya ingat 4 tahun yang lalu HP pasca bayar saya belum dibayar. Dan hal itu selalu teringat dan membuat was-was, "jangan-jangan meninggal sebelum membayar hutang" siapa yang tahu?

Tibalah di sebuah kantor tempat dimana saya biasanya membayar tagihan HP Pasca Bayar

Mbak saya mau membayar tagihan HP yang lama tidak saya bayar, kata saya memulai pembicaraan

No. HP berapa Pak?, kata Admin

Wah lupa Mbak, sudah 4 tahun yang lalu, jawab saya

Maaf Pak, tidak bisa, bapak harus hafal nomor HP nya, kalau Cuma nama saja tidak akan terdeteksi system, kata Admin nya

Tolong Mbak, diusahakan bagaimana caranya supaya saya bisa melunasinya, kalau no HP saya benar-benar lupa, kata saya...

Tetap tidak bisa Pak, jawab Admin

Diusahakan gimana lah, saya mau lunasi

Tetap saja saya tidak bisa membayar hutang walaupun sudah saya paksa untuk mencari data saya.Ya sudah, saya sudah berusaha untuk melunasi hutang namun tidak bisa karena saya lupa no HP nya. Saya pikir dengan memakai nama saya saja bisa nyatanya tidak. Mudah-mudahan Allah mengampuni dosa saya. Saya benar-benar bermaksud untuk melunasinya

Akhirnya uang yang sedianya untuk membayar hutang malah masih utuh. Alhamdulillah, mudah-mudahan ini adalah keringanan dari Allah SWT. 

http://rahasiakuncisukses.com/?id=wahyu

Kiat-kiat hutang sebagai berikut

1. Hutang kalau memang mendesak saja. Jangan untuk keperluan konsumtif. Jangan hutang sama rentenir, itu mencekik anda suatu saat
2. Ketika sudah terlanjur berhutang kita harus mempunyai niat baik untuk membayarnya tepat waktu.
3. Jika masanya sudah harus membayar, kita harus komitmen untuk melunasinya
4. Jika memang sudah hampir jatuh tempo namun tidak mempunyai uang yang cukup untuk membayar lalu apa yang harus anda lakukan?

Manusiawi kita was-was, takut dan sebagainya. Ada nasehat yang baik yang ingin saya sampaikan berkenaan dengan hutang yang jatuh tempo..

1. Tawakal, menyerahkan semua urusan sama Allah. Banyak-banyak berdoa dengan asmaul husna, misalkan Ya Fattah, Ya Rozak, Ya Mughniyyu, Ya Ghoniyyu

Doa supaya bisa melunasi hutang sbb:

Allohumma farijal hammi wa kasyifal ghommi wa mujibad da’watil mudhthorrin rohmanad dun-ya wal akhiroh wa rohimahuma, anta tarhamuni farhamni birohmatika, tughnini biha ‘an rohmatin siwaka 

Ya Allah pelepas duka, pembuka mendung, pengabul doa orang-orang yang sedang dirundung duka nestapa, pengasih dunia dan akhirat dan sekaligus penyayang. Engkau pasti akan menyayangi aku, maka sayangilah daku dengan rahmat kasih sayang-Mu, berilah aku kekayaan dengan rahmat-Mu itu, bukan karena rahmat kasih sayang yang datang dari selain Engkau’ (HR. Bazzar, Baihaqi, dan Hakim).
2. Berdoa dengan sebuah komitmen tidak akan berhutang lagi jika tidak penting.
3. Hadapi penagih yang datang ke rumah anda dengan menyebut nama Allah dalam hati dan dada anda
4. Ketika penagih datang, katakan sejujurnya alasan anda belum bisa membayar hutang

Mudah-mudahan Allah memberikan Rahmat dan Pertolongan_Nya. Amin 



Artikel Terkait



1 comment:

  1. Assalamualaikum

    Hutang saudara menumpuk, dan memerlukan dana talangan utk menutup hutang saudara?

    Atau, usaha saudara sedang berkembang, Butuh suntikan dana dari Bank, tapi nilai kredit sudah mentok? Butuh investor namun takut Riba?

    Untuk usaha, Bisa kok kerja sama dgn Prinsip bagi hasil. Yang serius bisa kirimkan email. Silahkan terangkan bisnis plan saudara ke email : allie.riedwan@gmail.com. Via Bbm atau WA juga boleh. Silahkan tinggalkan pin BB atau kontak Wa anda di email.

    Tapi, Jangan tersinggung kalau ditanya ini-itu dan klarifikasi ya.
    Terangkan bisnis plan anda, dan mari kita bertemu. Bila deal, maka prinsipnya kerja sama bagi hasil.

    Gratis kok.
    Yuk, Bismillah.
    Kesempatan ini boleh dishare ke teman anda.
    Wassalam.

    ReplyDelete