Jun 18, 2012

10 langkah menemukan bakat dan keunikan untuk kesuksesan anda

Cintailah pekerjaan anda niscaya anda bahagia seumur hidup


Dalam setiap kisah sukses anda akan menemukan seseorang yang telah mengambil keputusan dengan berani
Peter F. Ducker

Jika anda ingin berbahagia selama satu jam silahkan tidur siang. Jika anda ingin berbahagia selam satu hari pergilah berpiknik. Bila anda ingin berbahagia selam seminggu pergilah berlibur. Jika anda ingin berbahagia selama sebulan menikahlah. Jika anda ingin berbahagia selama setahun warisilah kekayaan. Jika anda ingin berbahagia seumur hidup, cintailah pekerjaan anda.
Promod Brata


Cintai pekerjaan kita sekarang ini, maka anda akan bahagia seumur hidup. Masalahnya tidak gampang mencintai sebuah pekerjaan. Survey membuktikan bahwa sebagian besar pekerja tidak menikmati pekerjaanya. Mereka dalam situasi sulit dan dilema yang besar. Disatu sisi tidak menikmati pekerjaan disisi lain takut menghadapi resiko jika kita keluar dari pekerjaan sekarang.


Sebelum saya bahas solusinya sebelumnya akan saya paparkan apa makna dari menikmati pekerjaan. Terinspirasi dari berbagai bahan bacaan dan pengalaman pribadi

Tindakan


Pekerjaan berarti kita melakukan tindakan. Tindakan adalah kata yang bagi beberapa orang bisa berarti kerja, tetapi tindakan yang terilhami sama sekali tidak akan terasa sebagai pekerjaan. Perbedaan antara tindakan yang terilhami dan tindakan biasa adalah, tindakan yang terilhami adalah ketika anda bertindak untuk menerima. Jika anda bertindak untuk berusaha dan membuatnya terwujud anda sudah tergelincir ke belakang. Tindakan yang terilhami akan ringan dan terasa menyenangkan karena anda berada di dalam frekuensi menerima.

Kadang-kadang bahkan anda tidak menyadari bahwa anda telah menggunakan tindakan sampai sesudah anda menerima karena tindakan itu terasa begitu enak. Pada saat itu anda akan menengok ke belakang dan melihat keajaiban bagaimana semesta telah menggendong anda ke apa yang anda inginkan, serta membawa keinginan anda kepada anda.

Percayai naluri anda. Naluri adalah semesta yang mengilhami anda. Naluri adalah semesta yang berkomunikasi dengan anda yang berada di frekuensi menerima. Jika anda mendapatkan perasaan naluriah atau intuitif ikutilah dan anda akan menemukan bahwa semesta menggerakkan anda secara magnetis untuk menerima apapun yang anda minta.

Anda unik

Semua pribadi adalah unik dan anda adalah unik. Anda mempunyai bakat dan kesenangan yang unik. Jika anda melihat kekayaan orang lain dengan berbisnis internet misalnya, dan anda termakan bujukan mereka itu bukan keunikan anda. Dan anda akan kecewa karenanya. Akan lucu melihat Sule OVJ main bola, atau  jika mengajak Chris John bernyanyi, atau mengajak Syahrini melawak. Itu bukan keunikan mereka. Yang perlu anda lakukan adalah merasa bahagia baik pikiran dan jiwa anda ketika melakukan sesuatu aktifitas. Dan pada saatnya anda akan menemukan keunikan anda yang mampu menjadikan anda benar-benar sukses.

Anda melakukan tindakan, dan tindakan yang anda lakukan adalah mencintai apa yang anda lakukan. Tindakan atas dasar cinta tentu saja seolah-olah bukan tindakan karena keterpaksaan. Tindakan itu mengalir begitu saja sehingga pada saatnya anda mendapatkan keinginan yang anda pikirkan seolah-olah tiba-tiba datang kepada anda.

Jika di masa lalu anda telah memelihara pikiran bahwa satu-satunya cara uang datang pada anda adalah melalui pekerjaan anda, segera lepaskan pikiran itu. Dapatkah anda mengerti bahwa ketika anda melanjutkan berpikir seperti itu pastilah hal itu yang akan anda alami? Pikiran-pikiran seperti itu tidak bermanfaat bagi anda.

Sekarang anda mulai memahami bahwa terdapat kelimpahan bagi anda, dan bukanlah tugas anda untuk memikirkan bagaimana caranya uang akan datang pada anda. Tugas anda adalah meminta, percaya bahwa anda menerima dan merasa bahagia sekarang juga. Serahkan rincian cara mendatangkan kepada semesta melalui sunnatullah_Nya. Sedangkan tindakan atau usaha yang anda lakukan adalah hanya mengikuti arus semesta. Tindakan yang anda lakukan begitu menyenangkan

Berubahlah

Jika anda yakin bahwa ada sesuatu yang anda cintai dan anda yakin bahwa itu dapat memberikan uang lebih banyak, rumah lebih besar dan kehidupan ideal yang anda dambakan mengapa anda tidak mau mengambil resiko yang diperlukan untuk menciptakannya? Anda bisa menjadi seperti bayangan diri anda yang ideal menurut ukuran anda sendiri, syaratnya sederhana anda harus berubah.

Allah swt. mengingatkan, ”Syetan menjanjikan (menakut-nakuti) kamu dengan kemiskinan dan menyuruh kamu berbuat kejahatan (kikir); sedang Allah menjanjikan untukmu ampunan dari-Nya dan karunia. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui” (QS. Al Baqarah 268)

Perubahan itu akan menanggung resiko menganggur, ditinggalkan, diejek, ditentang, gagal. Anda bisa menghabiskan uang anda, tenaga dan waktu anda. Ada dua energi yang akan anda pancarkan. Hanya ada dua pilihan menerima kenyataan bahwa anda tetap memilih situasi dan pekerjaan anda sekarang yang selalu anda keluhkan atau bertanggung jawab untuk mengambil resiko untuk menciptakan kehidupan yang anda inginkan. Jika anda ingin beranjak dari situasi yang tidak menyenangkan tentu saja anda harus mengambil resiko itu. Jika anda fokus pada hasil akhir, merasa bahagia dan seolah-olah sudah menerima apa yang anda impikan bahkan resiko yang anda ambil terasa begitu ringan dan anda menikmatinya. Karena anda yakin itu hanyalah proses menuju impian anda.

Ingatlah anda yang menentukan apakah anda akan melakukan perubahan atau tidak. Apakah anda akan melakukan sesuatu yang lain atau tidak. Semesta tidak menahan sesuatu untuk anda karena andalah yang menahannya dengan pilihan anda. Anda harus berani menciptakan perubahan.

Ini solusinya

Untuk berubah ternyata memang sulit. Tidak gampang, kenyataanya memang seperti itu, Jika anda kuat berubahlah sekarang. Jika anda meyakini kebahagiaan anda ada pada pekerjaan diluar yang ada sekarang, keluarlah. Hijrahlah karena rezeki tidak hanya datang dari pekerjaan anda sekarang.

Jika anda masih bingung silahkan baca paparan saya, tips dan trik nya bagaimana menemukan bakat dan keahlian anda disini. Informasi ini saya teliti selama 3.5 tahun sampai kepada satu kesimpulan bahwa kita memang unik dan tidak ada yang menyamainya.

Jika anda berkeras hati benar-benar ingin berubah saya menyarankan hal-hal yang berkaitan erat dengan spiritualitas berikut

1. Niatkan perubahan anda dengan rencana untuk hijrah dengan niat hijrah yang baik
2. Bertaubatlah dan memantapkan hati untuk mencari rezeki yang halal. Allah berfirman, ”Maka aku (Nuh as, Red.) katakan kepada mereka, ’Mohonlah ampun (istighfar) kepada Tuhanmu. Sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat dan membanyakkan harta dan anak-anakmu, mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai” (QS Nuh 10-12). 
 3. Percayakan dan yakinkan anda bahwa rezeki Allah itu luas
Allah SWT Berfirman

 ”Dan tidak ada suatu makhlukpun di bumi melainkan Allah-lah yang memberi rezekinya, dan Dia mengetahui tempat berdiamnya dan tempat penyimpanannya. Semuanya tertulis dalam kitab yang nyata (Lauh Mahfuzh)” (QS. Hud 6)

4. Ucapkanlah dalam doa bahwa anda ingin berubah lebih baik. Berdoalah kepada Tuhan Yang Maha Kaya, Pencipta ruang dan waktu agar diberikan petunjuk dalam menjalani perubahan. Ini penting karena perubahan membutuhkan ruang dan waktu, sedangkan kita bukan pencipta keduanya. Harapanya ruang dan waktu dimudahkan
5. Jangan terlalu memaksa diri dan pikiran anda untuk menemukan bakat terpendam anda atau anda akan merasa stress.
6. Serahkan urusan tentang bakat anda kepada_Nya dng selalu berdoa dan memohon kepada_Nya supaya dibukakan jalan rezeki yang caranya bisa mendatangkan kebahagiaan sejati
7. Setelah berdoa lakukan amalan dan doa rezeki dan kelimpahan
8. Tawakal dalam proses perubahan sepahit apapun telan. Sabar dalam proses Insya Allah saatnya nanti perubahan itu membawa kebahagiaan
Nabi saw. Bersabda;

Sungguh seandainya kalian bertakwakal kepada Allah sebenar-benarnya niscaya kalian akan diberi rezeki sebagaimana rezeki burung-burung. Mereka berangkat pagi-pagi dalam keadaan lapar dan pulang sore hari dalam keadaan kenyang” (HR. Ahmad, Tirmidzi). 

9. Selamat anda menemukan pekerjaan yang anda nikmati sebagai sebuah kebahagiaan dunia akherat
10. Semua point berdasarkan pengalaman pribadi dan penelitian 3.5 tahun, semoga bermanfaat
Allah SWT Berfirman

“Barang siapa hijrah di jalan Allah, niscaya mereka mendapati di muka bumi ini tempat hijrah yang luas dan rezeki yang banyak…” (QS. An Nisa 100).

Bagaimana? Anda berani berubah?


Artikel Terkait



3 comments:

  1. Maksud anda adalah resign. Tidak gampang Pak. Memang kebanyakan tidak kerasan di kerjaan atau kantor, namun apa daya. Ikhlas saja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saran saya ikuti kata hati anda. Jangan sampai kita di panggil Allah swt. smentara banyak mimpi-mimpi kita (mimpi kebaikan) belum terwujud. Menurut saya ini salah kita, karena takut menghadapi perubahan.

      Delete
  2. Betul pak. Sekarang ini banyak muslim sukses sejati yang statusnya pengusaha alias bekas karyawan. Semangat

    ReplyDelete