Mar 6, 2012

Sabar dalam cobaan

Sabar, mudah ngomongnya namun susah ngejalaninnya

Kecewa saya
Bagaimana mungkin, kami sudah deal dengan klien masalah harga
Kemudian tiba-tiba dari tim kami sendiri membatalkan sepihak, katanya harga tersebut tidak masuk. Padahal sebelumnya sudah di hitung dan oke. Tidak ada yang salah dengan hitung-hitungannya.


Ini masalah nama baik saya
Kami sudah deal tiba-tiba kami memutuskan sepihak
Klien pasti tidak mau tahu
Mau di taruh di mana muka saya?

Itulah yang membuat saya kecewa dan marah
Namun kemudian saya Istighfar

Btw..
Belum tentu jika kena musibah anda bisa sabar. Orang yag selama ini bilang sabar, belum tentu bisa menahan emosi ketika marah.

Gak gampang

Semua perlu latihan, kecuali memang dari sananya sabar. gen sabar sudah dominan dalam tubuhnya.

Jarang orang yang benar-benar sabar menghadapi cobaan. Pasti pada awalnya merasa kecewa atau emosi sesaat. Ada yang berkelanjutan ada pula yang kemudian sadar dan istighfar.

Manusiawi ketika emosi atau marah atau kecewa atau merasa sedih. Namun kemudian harus disadari bahwa Allah bersama orang yang sabar. Orang yag kemudian ingat Allah ketika marah atau sedih dan kemudian hilang marahnya, itulah orang-orang yang benar, itulah orang orang yang mendapat kemenangan. Insya Allah dunia akherat.

Allah SWT berfirman

“hanya orang-orang yang bersabar akan diberi pahala mereka yang tidak terbatas.” (QS.Az-Zumar : 10).



Rasulullah SAW mengajarkan sifat sabar dengan meninggalkan sifat mengeluh. Dalam hadis qudsi, Allah SWT berfirman :

“Apabila Aku hadapkan suatu cobaan kepada seorang hamba dari hamba-Ku pada badannya, atau pada anaknya, atau pada hartanya, lalu ia menghadapinya dengan penuh kesabaran, Aku merasa malu menegakkan timbangan (mizan) maupun membuka catatan amalnya pada hari kiamat.”(HR Hakim).

Dalam hadis lain Rasulullah SAW bersabda : “kesabaran adalah salah satu dari perbendaharaan syurga”, dan ketika ditanya mengenai keimanan, Nabi bersabda :”keimanan itu adalah kesabaran dan kemurahan.” Ali bin Abi thalib mengatakan : ingatlah, sungguh tidak ada iman bagi orang yang tidak memiliki sabar. Karena itulah, syekh abu nashr mengungkapkan bahwa spiritual sabar adalah kedudukan spiritual mulia. Sementara al Junaid menjelaskan bahwa sabar adalah memikul semua beban berat sampai habis saat-saat yang tidak di inginkan. Kedudukan seseorang ditentukan oleh kualitas kesabarannya. Innalla ma’ashobirin “sesungguhnya Allah itu dekat amat dekat dengan orang yang sabar”. Bahkan, jadikanlah sabar dan sholat sebagai penolong.

Insya Allah didunia dia akan selalu mendapatkan pertolongan Allah, dan di akherat digolongkan orag-orang yang benar imannya. Dan surga yang luasnya bak langit dan bumi.

SUdahkah anda latihan sabar hari ini?

Artikel Terkait



No comments:

Post a Comment