Mar 6, 2012

Mengapa Bangsa Kita Susah Maju??

Sejak lama kita berpikir, mencari tahu, diskusi, menggelar dialog, saling mendengar, dll. untuk menjawab sebuah pertanyaan: “Mengapa bangsa Indonesia sangat susah maju?“ Berbagai teori politik, wacana, analisa media, sintesa pakar, berbagai kebijakan, institusi, UU, anggaran, strategi, dll. sudah diterapkan, tetapi cita-cita kemajuan itu seakan semakin jauh dari harapan. Antara harapan dan kenyataan, terpaut jarak koneksi sangat jauh.


Sesuai fakta sejarah, Revolusi 1945 telah muncul untuk mengakhiri zaman kolonialisme Belanda; Revolusi 1966 telah muncul untuk mengakhiri zaman Orde Lama Soekarno; lalu Revolusi 1998 juga telah muncul untuk “memutus nafas” zaman Orde Baru Soeharto. (Kalau mau ditambahkan, “Revolusi Suporter Bola” 2011 berhasil mengakhiri orde Nurdin Halid di tubuh PSSI). Apakah setelah semua itu muncul, bangsa kita menjadi semakin baik, maju, adil, sejahtera, dan bermartabat? Faktanya, jauh panggang dari api.

Di atas semua ini lalu muncul aneka teori. “Ada yang salah dalam kehidupan bangsa kita,” kata sebagian pakar. “Indonesia punya apapun untuk maju. Hanya saja, bangsa kita ini salah urus,” kata pakar yang lain. “Kita begini karena bangsa kita kehilangan karakter. Maka sangat penting pendidikan karakter,” kata yang lain lagi. “Bangsa kita belum bisa berdemokrasi secara elegan,” kata pengamat politik. “Bangsa kita mudah melupakan catatan sejarah. Memorinya pendek,” kata sejarawan. “Akhir-akhir ini di tengah masyarakat sering muncul aksi-aksi kekerasan mengatas-namakan agama. Sikap toleransi kita semakin rapuh,” kata elit politik yang diklaim sebagai “guru bangsa”. “Semua ini merupakan dampak globalisasi dan kemajuan teknologi. Kita tidak siap menghadapi semua ini,” kata para pemerhati sosial. Sedangkan, media-media massa terus mengulang-ulang berbagai analisis di atas, hanya berbeda-beda edisinya saja.

Indonesia, luas wilayahnya, subur tanahnya. Tongkat kayu dan batu jadi tanaman. Populasi terbesar ke tiga dunia. Jumlah Insinyur terbanyak, kekayaan alam melimpah daratan dan lautan. Bahkan sedikit emas papua mampu membangun amerika.. Wow

Whats the problem?

Lalu sebenarnya masalah bangsa ini apa? Faktor-faktor yang membuatnya gagal, tidak maju, dan centang-perenang seperti saat ini apa?

Ada apa dengan bangsa kita? Anda punya solusi atau masukan?

Sampaikan solusi anda demi bangsa dan negara

Artikel Terkait



No comments:

Post a Comment