Mar 21, 2012

Fakta Kekayaan Alam Indonesia

Kekayaan dan sumber daya alam indonesia adalah amat sangat melimpah seperti akan di terangkan di bawah yang saya ambil dari wikipedia. Kita patut bangga terhadap fakta tersebut. Insya Allah aka ada masanya bangsa ini maju, terlepas dari segala masalah dan problematika bangsa. Muslim sebagai mayoritas seyogyanya mempunyai peranan penting dalam hal ini untuk memajukan bangsa dalam mewujudkan kejayaan Islam dan Kejayaan Indonesia ke depan.

Semoga Allah SWT menyadarkan kita semua khususnya pemerintah untuk memahami realitas ini dan tergerak untuk memaksimalkan kekayaan tersebut untuk kemakmuran rakyat

Fakta Sumber Daya Alam Indonesia
Indonesia merupakan negara dengan tingkat biodiversitas tertinggi kedua di dunia setelah Brazil. Fakta tersebut menunjukkan tingginya keanekaragaman sumber daya alam hayati yang dimiliki Indonesia dan hal ini, berdasarkan Protokol Nagoya, akan menjadi tulang punggung perkembangan ekonomi yang berkelanjutan (green economy). Protokol Nagoya sendiri merumuskan tentang pemberian akses dan pembagian keuntungan secara adil dan merata antara pihak pengelola dengan negara pemilik sumber daya alam hayati, serta memuat penjelasan mengenai mekanisme pemanfaatan kekayaan sumber daya alam tersebut.Kekayaan alam di Indonesia yang melimpah terbentuk oleh beberapa faktor, antara lain:

  • Dilihat dari sisi astronomi, Indonesia terletak pada daerah tropis yang memiliki curah hujan yang tinggi sehingga banyak jenis tumbuhan yang dapat hidup dan tumbuh dengan cepat.
  • Dilihat dari sisi geologi, Indonesia terletak pada titik pergerakan lempeng tektonik sehingga banyak terbentuk pegunungan yang kaya akan mineral.
  • Daerah perairan di Indonesia kaya sumber makanan bagi berbagai jenis tanaman dan hewan laut, serta mengandung juga berbagai jenis sumber mineral.
Tingginya tingkat biodiversitas Indonesia ditunjukkan dengan adanya 10% dari tanaman berbunga yang dikenal di dunia dapat ditemukan di Indonesia, 12% dari mamalia, 16% dari hewan reptil, 17% dari burung, 18% dari jenis terumbu karang, dan 25% dari hewan laut Di bidang agrikultur, Indonesia juga terkenal atas kekayaan tanaman perkebunannya, seperti biji coklat, karet, kelapa sawit, cengkeh, dan bahkan kayu yang banyak diantaranya menempati urutan atas dari segi produksinya di dunia.
Sumber daya alam di Indonesia tidak terbatas pada kekayaan hayatinya saja. Berbagai daerah di Indonesia juga dikenal sebagai penghasil berbagai jenis bahan tambang, seperti petroleum, timah, gas alam, nikel, tembaga, bauksit, timah, batu bara, emas, dan perak. Di samping itu, Indonesia juga memiliki tanah yang subur dan baik digunakan untuk berbagai jenis tanaman. Wilayah perairan yang mencapai 7,9 juta km2 juga menyediakan potensi alam yang sangat besar.

Artikel Terkait



3 comments:

  1. makasih atas informasinya,sangat menambah ilmu pengetahuan.
    http://www.sinidomino.com/

    ReplyDelete
  2. Tidak bisa kita pungkiri kekayaan alam Indonesia begitu banyak atau melimpah, baik itu dari kelautan, perikanan, gas alam, dan masih banyak lagi.

    ReplyDelete
  3. Tidak bisa kita pungkiri kekayaan alam Indonesia sangatlah banyak / melimpah, mulai dari perikanan/kelautannya, gas alam, dan masih banyak lagi.
    Terimakasih atas informasinya.

    ReplyDelete